ID | EN

News

ARTJOG MMXXI | arts in common - Time (to) Wonder

Festival tahunan seni rupa terbesar di Indonesia ARTJOG akan kembali hadir di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta, pada 8 Juli hingga 31 Agustus 2021. Setelah tahun lalu menghelat ARTJOG Resilience yang merespon situasi pandemi, ARTJOG kali ini berupaya kembali ke skema kuratorial yang telah mereka canangkan sejak 2018. Meneruskan edisi kedua dari trilogi pameran arts in common, festival edisi tahun ini dibingkai dengan tajuk Time (to) Wonder. Mengangkat ihwal ‘waktu’ sebagai konsep kunci, pameran ini akan menampilkan karya-karya mutakhir 41 seniman (perorangan maupun kelompok) yang semuanya tinggal dan bekerja di Indonesia.

Selengkapnya...

Pameran “Titik Temu”

Tiga seniman muda mencoba merekam dan mendaur ulang peristiwa-peristiwa tak terduga yang akhirnya mempertemukan mereka larut kedalam satu semesta. Catur Agung Nugroho, Khoirul fahmi dan Rizka Azizah Hayati menghadirkan ingatan pertemuan dalam rangkaian komposisi material dan instalasi seni yang bertajuk “TITIK TEMU” pameran akan diselenggarakan di Greenhost Boutique Hotel Jl.Prawirotaman II No. 629, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta pada tanggal 14 Juni sampai 14 Juli 2021.

Selengkapnya...



Akulturasi Budaya dalam Pameran Cina Jawa

Sonobudoyo - Menyemarkan perayaan tahun baru imlek ke-2572, Museum Sonobudoyo kembali menggelar pameran bertajuk Harmoni Cina-Jawa dalam Seni Pertunjukan. Berbeda dengan pameran sebelumnya, gelaran pameran ini menitik-beratkan pada akulturasi dua entitas budaya Cina dan Jawa pada seni pertunjukan.

Selengkapnya...

FFD 2020 resmi dibuka secara daring pada 25 November 2020, festival tetap hadir sebagai titik temu
pembuat film dokumenter kepada publiknya

Festival Film Dokumenter (FFD) resmi dibuka secara daring pada 25 November 2020 di website FFD. Gelaran ini dibuka oleh penampilan Frau, pemutaran film In Touch (2018) karya sutradara asal Polandia, Paweł Ziemilski serta sambutan Anita Reza Zein selaku direktur FFD 2020. Tahun ini, untuk pertama kalinya FFD dilaksanakan secara daring. Hal ini disebabkan oleh ketidakpastian pandemi yang memaksa beradaptasi.

Selengkapnya...

JFFE 2020, Jawaban untuk Tantangan Festival di Tengah Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA- Jogja Festivals Forum dan Expo (JFFE) 2020 akan digelar secara hybrid atau perpaduan daring dan luring, pada 17 sampai 20 November 2020 di www.jogfestforumexpo.com dan untuk focus group discussion (FGD) di pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Perhelatan yang penyelenggaraannya memasuki tahun kedua ini ajang temu pemangku kepentingan festival di D.I Yogyakarta yang bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi terkait penyelenggaraan festival di Yogyakarta.

Selengkapnya...


Ngayogjazz: Ngejazz Tak Gentar

Tak terasa perayaan Ngayogjazz sudah memasuki tahun keempat belas. Selama perjalanannya, Ngayogjazz telah berkembang bahkan melebihi harapan dari para penggagasnya. Ada banyak hal yang telah tercapai yang kemudian ingin dikembangkan lebih jauh lagi, terutama jika menyinggung soal tontonan bagi semua kalangan, membentuk masyarakat pendukung produk seni, serta investasi kultural.

Selengkapnya...


Hajatan Akbar Insan Pegiat Festival Jogja Ditutup Dengan Meriah

Yogyakarta, 22 November 2019. Meriah, hangat, dan intim. Begitulah suasana Alun-alun Pendopo Agung Kedaton Ambarukmo Yogyakarta kemarin malam ini (21/11). Jajaran beberapa booth kuliner, merchandise Jogja Festivals Forum & Expo, serta panggung musik yang menyuguhkan beragam warna musik dari beberapa band, membuat para penonton seolah enggan beranjak.

Selengkapnya...